Tuesday, August 11, 2015

World Breastfeeding Week

Pekan ASI Sedunia

   
Setiap tahunnya, pekan pertama di bulan Agustus didedikasikan untuk menggingatkan kita betapa pentingnya ASI sebagai nutrisi ideal bagi bayi. World Breastfeeding Week (WBW) atau Pekan ASI Sedunia (PAS) adalah peristiwa global yang dimulai pertama kali pada tahun 1992 oleh World Alliance for Breastfeeding action (WABA) dan sekarang sudah dilaksanakan di lebih dari 120 negara oleh UNICEF, WHO, dan rekanannya, termasuk individu, organisasi dan lembaga pemerintahan. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk mempromosikan pemberian ASI eksklusif untuk 6 bulan pertama yang mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan ibu dan bayi.

Tema yang diangkat pada tahun 2015 “Menyusui dan Bekerja: Mari Kita Sukseskan!”
menekankan kepada individu maupun kelompok masyarakat supaya memberi dukungan kepada wanita dalam menyusui dan bekerja.  
Bekerja saat ini merupakan peranan seorang ibu yang semakin umum terjadi karena tekanan pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga.  Apapun keadaannya, di rumah maupun di tempat kerja, sangatlah penting seorang wanita menyusui untuk mendapatkan dukungan dan sarana dalam rangka menyukseskan tujuan menyusuinya.
Tempat kerja yang mendukung pemenuhan kebutuhan ASI ini sebetulnya terbukti sangat menguntungkan bagi perusahaan, dimana dengan dukungan tersebut, perusahaan dapat:
·        Mempertahankan karyawan berpengalaman
·        Meningkatkan moral dan produktivitas
·        Mengurangi biaya perekrutan dan pelatihan bagi pegawai baru
·        Mengurangi waktu ijin akibat harus mengurus anak yang sakit
·        Mengurangi biaya kesehatan dan asuransi
Walaupun demikian,  pelaksanaannya memang tidak semudah membalik telapak tangan, semuanya itu harus didukung dengan usaha yang sungguh sungguh.  Apalagi jika kita dihadapkan pada kondisi dimana wanita sebagai ibu dan pekerja yang sangat sibuk.  Untuk mempertahankan jumlah ASInya ketika seorang ibu tidak sedang bersama bayinya, ia harus memompanya sesering ia menyusui bayinya, dimana akan sangat sulit dilakukan apalagi jika ia bekerja selama 10-12 jam shift dalam keadaan kerja yang sangat sibuk.
Dukungan yang diterima seorang ibu yang bekerja dari rekan kerja dan atasannya akan sangat menentukan keberhasilan tersebut. Mengetahui hambatan apa saja yang bisa didapat seorang pekerja dan juga perencanaan yang baik sangatlah membantu dalam mengatasi hal diatas. Beberapa hal yang dapat membantu dalam perencanaan seperti:
Bicarakanlah dengan supervisor anda sewaktu anda hamil mengenai rencana untuk menyusui.
Tentukan tempat yang paling nyaman untuk memompa ASI di tempat kerja.
Mintalah saran rekan kerja yang sudah menyusui sebelumnya.
Tentukan jenis pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Jika memungkinkan bicarakan kemungkinan untuk mendapatkan jadwal kerja yang lebih fleksibel dengan atasan anda.
Yang terakhir, ingatlah bahwa disaat anda mulai memberikan ASI pada bayi anda, hal itu akan mempengaruhi kesehatannya untuk saat ini dan juga jauh setelah anda mengurangi atau menghentikan pemberian ASI tersebut kepada bayi anda. Usaha anda akan sangat berpengaruh didalam hidup mereka dan juga hidup anda. Dengan perencanaan dan dukungan yang baik, anda pasti berhasil.


Catatan: Banyaknya orang yang belum mendukung program pemberian ASI bagi wanita pekerja, ditambah ketidaktahuan akan pentingnya ASI bagi bayi sangatlah mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI eksklusif. 

No comments:

Post a Comment